Minggu, 22 Desember 2013

"Cara Mengenbalikan File Yg Terhapus Di Recycle Bin"

Welcome To Blog BMC
Kali Ini Saya Akan Memposting
"Cara Mengenbalikan File Yg Terhapus Di Recycle Bin"

Cara Mengembalikan File yang Dihapus Permanen


Sebagian pengguna komputer lebih senang melihat semua file dan folder tertata dengan indah dan rapi. Biasanya dengan mengubah icon folder, menyusun file berdasarkan kategori masing-masing, dan menghapus file-file kurang berguna atau file-file lama.
Terkadang, saat kita telah menghapus suatu file, dan kita mengiginkan file tersebut kembali. Untuk mengembalikan file tersebut, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka "Recycle Bin" di desktop lalu klik kanan file yang terhapus dan pilih "Restore".
Lalu bagaimana jika file tersebut sudah terlanjur dikosongkan dari Recycle Bin, atau mungkin saat menghapus file anda mengalawalinya dengan menekan tombol shift (Shift + Del). Tentu file tersebut sudah tidak ditemukan di Recycle Bin dan pastinya tidak akan bisa di Restore.
Saat kita melakukan hapus file secara permanen di komputer, File allocation table (FAT) akan merubah nama file yang dihapus dengan awalan karakter tanda tanya (?). Hal ini mengartikan bahwa tempat penyimpanan file yang tadi dihapus permanen mengalami penulisan ulang (pembaharuan pastisi).

Untuk bisa mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen tersebut, kita memerlukan bantuan sebuah software.
PC Inspector File Recovery, adalah sebuah software yang digunakan untuk mengembalikan semua file yang telah di hapus permanen dari  Recycle Bin, suport untuk FAT 12/16/32 dan NTFSfile sistem. 

Software ini tergolong freware, alias gratis, anda bisa memilikinya dengan cuma-cuma, dengan menguduhnya DISINI.

Cara penggunaannya :
  1. Download hingga selesai, dan install aplikasi tersebut
  2. Jalankan aplikasi, pilih menu file, kemudian pilih submenu drive (CTRL + O)
  3.  akan muncul jendela baru seperti ini, silahkan pilih partisi yang ingin di restore file yang terhapus permanen, klik icon ceklis.
  4. akan muncul tampilan seperti ini, klik pada folder Deleted maka semua file yang terhapus di partisi yang anda pilih akan dimunculkan, silahkan pilih file yang ingin anda restore.
Mudah bukan?

Catatan : tidak semua file bisa terbaca dan dikembalikan dengan software ini, pengaruh waktu pengapusan yang terlalu lama bisa jadi penyebab utama tidak ditemukannya file yang dihapus oleh software ini.

1 komentar:

  1. lur saya kok ga ada local disk nya
    padahal udah saya ikuti langkah di atas tapi kok kosong
    bantuanya lebih lanjut dong lur

    BalasHapus